• Ada masalah AC ?
  • Phone 0811-770-2220
  • teknisi@acjitu.com

5 Cara Menentukan AC yang Tepat dan Hemat Listrik untuk Rumah atau Kantor Anda

cara menentukan AC yang tepat dan hemat listrik - air conditioner

Air Conditioning atau yang biasa disebut dengan AC adalah benda elektronik yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari manusia untuk mendinginkan ruangan terutama ketika musim panas atau kemarau datang. Namun, dengan menggunakan AC dapat menyebabkan biaya listrik AC yang mahal. Maka dari itu, penting untuk memilih AC yang tepat. Tepat dalam arti tidak hanya dapat menyejukkan ruangan, tetapi juga dapat menghemat penggunaan listrik di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara menentukan AC yang tepat dan hemat listrik yang dapat Anda coba:

 

Pilih AC Berteknologi Inverter

Seiring perkembangan zaman, teknologi pun semakin canggih. Sama halnya dengan teknologi AC. AC kini telah dikembangkan menjadi AC dengan teknologi inverter. AC dengan teknologi inverter ini tidak hanya memberikan kesejukan yang maksimal, tetapi juga dapat membantu Anda menghemat penggunaan listrik. Hal ini dikarenakan kompresor AC inverter ini terus menyala sehingga mampu mempertahankan suhu ruang yang diinginkan, tanpa meningkatkan konsumsi daya listrik Anda. Dengan demikian, apabila Anda menginginkan penggunaan AC yang tidak boros listrik, maka sebaiknya Anda menggunakan AC berteknologi inverter.

 

Utamakan AC dengan Kinerja Kompresor Terbaik

AC yang memiliki kinerja kompresor terbaik yang dimaksud adalah AC berteknologi inverter. Hal ini dikarenakan dalam sepanjang pemakaian, kompresor AC berteknologi inverter akan terus menyala sehingga tidak akan membuat konsumsi daya listrik Anda meningkat dan angin yang dihasilkan dari AC berteknologi inverter ini pun akan lebih stabil dibandingkan AC biasa. Pasalnya, kompresor AC biasanya memiliki kinerja yang akan menyala dan mati secara berulang selama digunakan untuk menjaga udara di dalam ruangan tetap sejuk. Namun, kinerja kompresor seperti itu dapat menyebabkan konsumsi daya listrik AC semakin tinggi. Dengan demikian, apabila Anda menginginkan penggunaan AC yang tidak boros listrik, maka sebaiknya Anda menggunakan AC berteknologi inverter.

 

Pasang AC di Tempat yang Tepat

Cara menentukan AC yang tepat dan hemat listrik yang pertama adalah sekalipun Anda telah menggunakan AC berteknologi inverter, tetapi jika AC Anda dipasang di tempat yang kurang tepat, maka kinerjanya pun menjadi kurang maksimal. Untuk itu, perlu bagi Anda memperhatikan ruangan tempat Anda ingin memasang AC, apakah ruangan tersebut telah cukup tertutup. Jika tidak, maka kompresor AC akan bekerja lebih keras dan daya listrik yang dibutuhkan pun menjadi lebih besar.

 

Aturlah Suhu yang Sesuai

Jika ruangan yang tepat sudah dipilih untuk memasang AC, langkah berikutnya adalah mengatur suhu yang tepat. Idealnya, AC berteknologi inverter diatur pada suhu 20-24 derajat celcius. Langkah tersebut dapat membuat penggunaan listrik untuk AC di rumah bisa lebih hemat.

 

Pilih AC yang Punya Fitur Penghemat Energi

Listrik Anda akan lebih hemat jika AC yang dipilih ditunjang dengan fitur yang memadai, termasuk AC berteknologi inverter, seperti dilengkapi dengan fitur Active Energy Control. Dengan fitur tersebut, kebutuhan listrik pada AC Anda bisa dihemat hingga 80%. Dengan cara tersebut, penggunaan listrik pun dapat dialihkan untuk kegiatan lain, seperti menyetrika.

 

Itulah beberapa cara menentukan AC yang tepat dan hemat listrik. Jika anda ingin service ac atau service kulkas di wilayah Batam, Anda dapat lihat diĀ https://www.acjitu.com/. Pelayanan kami tentu dari mekanik yang berpengalaman dan dengan biaya service yang terjangkau dan sangat terpercaya.

Berikut ini adalah contoh AC berteknologi inverter yang dapat menjadi referensi Anda dalam menentukan AC yang tepat dan hemat listrik.

Add Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *