• Ada masalah AC ?
  • Phone 0811-770-2220
  • teknisi@acjitu.com

7 langkah mudah menjaga unit ac

Dengan selalu menjaga agar AC Anda tetap terjaga, tidak hanya membuat Anda menghemat energi dan biaya pengeluaran, tetapi juga bisa untuk memperpanjang masa pakai AC itu sendiri. Hal ini dikarenakan sebenarnya AC selalu perlu perhatian rutin untuk memastikan operasinya dapat beroperasi dengan efisiensi tertinggi. Jadi, selalu kontrol atau memeriksa AC Anda, jangan sampai menunggu AC Anda bocor atau hal yang lainnya.

Berikut ini adalah 7 langkah mudah menjaga unit AC Anda agar selalu dalam kondisi awet dan prima:

  1. Matikan Daya Terlebih Dahulu

Langkah mudah menjaga unit AC yang pertama adalah mematikan daya terlebih dahulu, karena dapat membahayakan Anda saat daya listrik masih menyala, maka sangat penting untuk selalu benar-benar mematikan daya unit AC Anda. Untuk mematikan daya pada kondensor/kompresor yang berada di luar, Anda dapat mencari kotak penutup eksterior di dekat unit. Sedangkan untuk unit yang berada di dalam hunian, matikan power off pada kotak breaker.

 

  1. Melepaskan Sangkar Kipas AC

Untuk unit eksterior kondensor atau kompresor, Anda dapat melepaskan sangkar kipas. Caranya dengan menggunakan obeng atau kunci pas, lepaskan pengencang, dan angkat sangkar atau kipas dari bagian atas unit dengan tangan atau dengan vakum basah atau kering.

 

  1. Bersihkan Penyaring Pada AC

Lepaskan penutup luar dan gunakan sikat pada vakum untuk dapat menghilangkan semua kotoran dari luar. Kemudian, dengan menggunakan aliran lembut dari selang, semprotkan air dari dalam ke luar untuk mengeluarkan kotoran yang ada di antara keduanya.

 

  1. Luruskan Penyaring

Karena pengurangan aliran udara melalui penyaring dapat mengurangi efisiensi, maka perlu Anda luruskan sehingga tabung yang tertanam di dalam unit AC tidak rusak.

 

  1. Bersihkan Unit AC

Setelah selesai dengan pembersihan, ganti sangkar kipas untuk memastikan aliran udara di sekitar unit. Pastikan Anda menutupi seluruh sisi unit agar kelembapan tidak dapat terbentuk. Hal ini dikarenakan kelembapan dapat menyebabkan korosi dan mendorong hama untuk membangun sarang di dalamnya.

 

  1. Bersihkan Coil Evaporator

Pada unit blower atau furnace bagian dalam, temukan pintu kumparan evaporator. Bersihkan dengan menggunakan sikat lembut, lalu semprotkan koilnya dengan pembersih koil tanpa kumparan agar drainase dapat bertahan lebih lama.

 

  1. Ubah Filter Blower

Filter dalam sistem (HVAC) Anda harus diganti setidaknya satu hingga dua kali dalam setahun. Selalu ganti saringan dengan filter baru yang memiliki nilai aliran udara. Hati-hati dengan filter pemurni udara, karena dapat mengurangi aliran udara di sistem penyejuk udara Anda dan juga bisa menyebabkan koil dalam unit AC ruangan Anda membeku karena aliran udara berkurang.

 

Itulah beberapa langkah mudah menjaga unit AC Anda. Untuk membantu menjaga sistem AC Anda dalam keadaan prima, perhatikan bahwa ada item perawatan yang hanya bisa dilakukan oleh teknisi terlatih. Untuk Anda yang menginginkan unit AC baru yang berkualitas, maka Anda dapat memperolehnya melalui ACWahana.com sebagai distributor AC yang menyediakan berbagai jenis unit AC serta berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan pendinginan dan tata udara yang tepat dan efisien sesuai kebutuhan Anda.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Jasa Service Kulkas Batam | Berpengalaman & Harga Terjangkau | AC Jitu

Cara Menentukan AC yang Tepat dan Hemat Listrik

Add Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *